Kontrol Kualitas Pertanian Menjadi Sederhana

Pertanian adalah bagian penting dari kehidupan kita, dan dengan meningkatnya standar hidup kita, ada permintaan yang meningkat untuk tanaman berkualitas baik. Konica Minolta memiliki berbagai macam produk, mulai dari pengukuran cahaya dan warna hingga pencitraan hiperspektral, untuk membantu produsen dan peneliti pertanian.

Pengukuran Cahaya

Dengan meningkatnya pertanian vertikal, banyak produsen pertanian menemukan cara untuk meningkatkan pertanian dalam ruangan mereka. Pencahayaan merupakan faktor penting untuk pertumbuhan tanaman, dan banyak yang mencari sumber  pencahayaan hortikultura  yang dapat meniru matahari.

Dengan munculnya sumber cahaya LED, dan kemampuan untuk menentukan spektrum, sekarang dimungkinkan untuk mengeluarkan output spektral yang dibutuhkan untuk fotosintesis. Oleh karena itu, banyak produsen pertanian dalam ruangan telah mengadopsi pencahayaan LED untuk pertanian dalam ruangan mereka .

Sangat penting untuk menemukan pencahayaan yang tepat dan memahami output dan kemampuannya untuk menyediakan energi yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Dalam hal mengukur pencahayaan pertanian, Konica Minolta menawarkan berbagai pilihan  pengukur cahaya , seperti  Pengukur Cahaya T-10A ,  Spektrofotometer Penerangan CL-500A , dll., yang mampu mengukur lux, Suhu Warna Berkorelasi (CCT) , dan  Indeks Rendering Warna (KRI) .

Pengukuran warna

Klorofil  adalah salah satu parameter yang biasa diukur untuk memantau pertumbuhan tanaman dan mengatur jumlah pupuk yang digunakan.  Pengukur klorofil Konica Minolta  SPAD-502Plus menawarkan pengukuran kandungan klorofil secara instan dan non-destruktif, memungkinkan produsen pertanian untuk memahami kondisi tanaman mereka dan mengoptimalkan jumlah pupuk yang digunakan dengan mudah.

Selain klorofil, warna merupakan parameter lain yang umum diukur, terutama selama tahap panen dan pasca panen. Warna tanaman seperti buah – buahan dan sayuran sering digunakan untuk menentukan kematangan dan waktu panennya. Ini juga digunakan untuk memeriksa atau menilai kualitas tanaman olahan seperti biji kopi , kelapa kering , minyak sawit , tepung , pasta , rempah-rempah , dll.

Dari Chroma Meter CR-400 dan Spectrophotometer CM-5 hingga perangkat lunak kontrol kualitas warna SMNX , Konica Minolta menawarkan berbagai solusi pengukuran warna yang dapat mendukung produsen pertanian dalam mengevaluasi dan mengelola warna tanaman mereka di semua tahap produksi mereka.

Pencitraan Hiperspektral

Bergerak melampaui pengukuran warna,  pencitraan hiperspektral (HSI)  adalah teknik terbaru yang semakin banyak digunakan dalam berbagai penginderaan jauh, penelitian , dan aplikasi kontrol kualitas dalam industri pertanian. Ini menggunakan kamera HSI untuk menangkap data spektral dari spektrum yang berbeda dari panjang gelombang elektromagnetik (terlihat dan tidak terlihat), memungkinkan karakterisasi yang mudah, pemetaan, dan penyortiran tanaman berdasarkan perbedaan sifat kimia atau fisiknya.

HSI dapat digunakan untuk memetakan status nitrogen dalam ladang jagung atau mempelajari stres, status nutrisi, dll., dari tanaman . Ini juga dapat diterapkan untuk membantu menyortir dan menilai tanaman atau mendeteksi objek yang tidak diinginkan, seperti kayu, serangga, dll., dan kontaminasi..

Butuh bantuan untuk menemukan solusi pengukuran dan pemeriksaan yang tepat untuk aplikasi pertanian Anda? Hubungi kami untuk konsultasi atau bantuan gratis sekarang.