Alat Ukur Warna Plak Plastik

Plak plastik memiliki berbagai kegunaan dan penting untuk pembuatan produk plastik berwarna. Plak plastik tidak hanya berfungsi sebagai kit sampel produsen tetapi juga dibuat untuk memeriksa proses formulasi. Selain itu, proses seperti ekstrusi dan pencetakan dapat memengaruhi warna dan tampilan plastik. Dengan membuat sampel plak plastik daripada produk jadi adalah cara yang lebih cepat untuk penilaian warna.

Plak plastik tersedia dalam berbagai warna dan corak, mulai dari buram hingga transparan. Saat mengukur warna plak plastik, penting untuk mempertimbangkan tingkat transparansi untuk memastikan data warna yang andal.

Alat ukur warna seperti Konica Minolta Spectrophotometer CM-26dG, yang mampu melakukan mode pengukuran Specular Component Excluded (SCE) dan Component Included (SCI), akan ideal untuk pengukuran warna plak plastik buram. Meski diwarnai dengan warna serupa, namun plakat plastik glossy opaque akan tampak lebih gelap secara visual dibandingkan plakat dengan permukaan matte. Mode pengukuran SCE mengukur warna sebenarnya dari plak plastik, menghilangkan efek tekstur. Sebaliknya, mode pengukuran SCE menghasilkan evaluasi warna yang berkorelasi dengan cara mata kita melihat warna.

Untuk plak plastik tembus pandang dan transparan yang memungkinkan cahaya menembus, disarankan menggunakan alat pengukur warna yang mampu melakukan pengukuran transmitansi seperti Konica Minolta Spectrophotometer CM-36dG. CM-36dG juga dapat melakukan mode pengukuran SCI dan SCE. Saat digunakan bersama dengan Perangkat Lunak SpectraMagic NX Pro, perangkat ini juga dapat melakukan pengukuran transmisi kekuningan (ASTM E313) dan kabut (ASTM D1003).

Selain warna, kedua model juga mampu mengukur kilap. Lihat video CM-26dG dan CM-36dG untuk mempelajari lebih lanjut tentang keserbagunaan fungsionalnya.

Untuk informasi dan konsultasi mengenai produk dengan tim ahli dapat menghubungi marketing@almega.co.id.