Kontrol Warna Obat Resep

Identifikasi obat resep atau pil resep yang jelas sangat penting dalam mencegah kesalahan pengobatan, dan warna adalah salah satu indikator yang umum digunakan untuk manajemen pengobatan yang aman dan efektif.

Selain manfaat keamanan, warna obat resep juga mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap obat tersebut. Menurut sebuah penelitian, tablet putih atau biru dianggap pahit, sedangkan tablet merah muda rasanya lebih manis daripada tablet merah. Studi lain menemukan bahwa pasien cenderung berhenti minum obat yang diresepkan ketika ada perubahan warna.

Untuk produsen farmasi, mengembangkan dan mempertahankan warna dan corak yang diinginkan secara akurat dan konsisten dari satu batch ke batch lainnya sangat penting. Evaluasi warna secara visual dapat menjadi tantangan karena persepsi warna bervariasi di antara individu yang berbeda. Selain itu, variasi antara corak seringkali sulit dilihat dengan mata telanjang.

Spektrofotometer memberikan kemampuan untuk membedakan warna dan corak halus, menawarkan akurasi dan pengulangan. Dalam tahap penelitian dan pengembangan, produsen farmasi dapat menggunakan spektrofotometer untuk menganalisis atau menyempurnakan formulasi mereka guna mengembangkan warna dan corak pil resep yang mereka inginkan.

Dengan data warna dari spektrofotometer, toleransi dapat dibuat untuk membantu memastikan warna dan bayangan yang diinginkan akurat dan konsisten dari setiap kelompok ke kelompok berikutnya dengan mudah. Variasi warna dan bayangan yang tidak diinginkan juga dapat diidentifikasi dengan cepat dan mudah selama pemeriksaan akhir, memungkinkan tindakan korektif yang cepat.

Saat mencoba mengukur warna dan bayangan pil resep, alat ukur warna seperti Spectrophotometer CM-5 akan bermanfaat. CM-5, dengan aksesori seperti masker target Φ3 mm, memungkinkan pengguna mencapai pengukuran warna dan bayangan pil resep yang akurat dan berulang dengan mudah.

Dengan mode pengukuran seperti reflektansi, transmitansi, cawan petri, dan cairan, CM-5 dapat mengukur berbagai macam sampel mulai dari padat dan bubuk hingga pasta dan cairan. CM-5 dapat mengekspresikan warna dalam sistem kolorimetri utama seperti CIE L * a * b * dan L * C * h. Ini juga dapat memberikan pengukuran dalam indeks khusus industri seperti Farmakope Eropa (EP), Farmakope AS (USP), APHA / Hazen, dan Gardner.

Tonton video ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang kesederhanaan dan keserbagunaan CM-5.

Untuk informasi dan konsultasi mengenai produk dengan tim ahli dapat menghubungi marketing @almega.co.id.