Bagaimana Mengukur Warna Tekstil?

Warna merupakan atribut penting dari produk tekstil. Pemeriksaan visual sering kali merupakan langkah pertama dalam mengevaluasi keakuratan warna produk tekstil pada tingkat dasar. Namun, ini tidak cukup karena penilaian visual bersifat subjektif dan perbedaan warna yang halus sulit dilihat dengan mata telanjang manusia.

Alat ukur warna menawarkan metode yang ideal untuk menilai akurasi warna tahan luntur warna tekstil secara objektif. Ini mengekspresikan warna secara numerik dalam ruang warna CIE LAB, memungkinkan setiap orang dalam rantai pasokan untuk menentukan dan mengkomunikasikan warna dengan mudah dan presisi.

Bentuk tekstil yang berbeda memerlukan metode pengukuran yang berbeda untuk mendapatkan data warna yang andal.

Serat Longgar

Ikat banyak serat longgar untuk volume dan ketebalan. Pastikan sampel serat cukup besar untuk menutupi port pengukuran instrumen, dan tidak ada celah di antara serat. Sampel harus diukur pada 2 hingga 4 kali (misalnya, berputar 90 derajat setiap kali) di beberapa titik (misalnya, 3 hingga 5 titik) untuk mendapatkan data warna rata-rata. Untuk pengulangan yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan area pengukuran yang luas.

Benang

Benang dapat digulung menjadi gulungan atau membungkus kartu atau tab sebelum disajikan untuk pengukuran. Metode untuk mengukur benang serupa dengan bagaimana serat lepas diukur (misalnya, tidak ada celah, beberapa kali pada titik yang berbeda, area pengukuran yang luas).

Kain

Jika sampel kain tidak buram, cahaya dapat masuk dan memberikan data warna yang tidak dapat diandalkan. 2 hingga 4 lapisan terlipat biasanya cukup untuk mendapatkan sampel buram. Tetapi bagi mereka yang tembus cahaya atau ringan, disarankan untuk melipat dan menyandarkannya dengan ubin keramik putih. Demikian pula proses pengukuran sampel kain melibatkan pengukuran 2 hingga 4 kali, dengan area pengukuran yang luas, pada 3 hingga 5 titik yang berbeda.

Konica Minolta Spectrophotometer CM-36dGV menawarkan semua fungsionalitas yang diperlukan untuk mengevaluasi warna tekstil dengan mudah. Dengan pengulangan σ∆E * ab <0,02, data warna yang akurat dan konsisten dapat diharapkan dari semua pengukuran. Kesepakatan antar instrumen yang sangat baik dari ΔE * ab <0,12 memastikan korelasi data warna antara beberapa CM-36dGV di seluruh rantai pasokan.

Dengan fungsi Wavelength Analysis & Adjustment (WAA) opsional, produsen tekstil dapat yakin bahwa CM-36dG dan data pengukuran tidak akan terpengaruh oleh fluktuasi suhu sekitar. Bersama dengan Perangkat Lunak SpectraMagic NX Pro, CM-36dGV juga dapat menangkap efek metamerisme atau agen pencerah optik (OBA) dengan mudah.

Untuk informasi dan konsultasi mengenai produk dengan tim ahli dapat menghubungi marketing @almega.co.id.