Memahami Skala Warna Farmakope Eropa dan Farmakope AS

Dalam industri farmasi, skala warna Farmakope Eropa (EP) dan Farmakope AS (USP) biasanya digunakan untuk memeriksa warna dan tampilan obat-obatan cair dan memfasilitasi komunikasi warna dalam industri.

Skala warna EP terdiri dari 37 warna referensi:

  • Coklat (B1 – B9)
  • Coklat / Kuning (BY1 – BY7)
  • Kuning (Y1 – Y7)
  • Hijau / Kuning (GY1 – GY7)
  • Merah (R1 – R7)

37 larutan referensi ini dibuat dari pencampuran dan pengenceran 3 cairan primer kobalt klorida (merah), besi (III) klorida (kuning), dan tembaga sulfat (biru).

Skala warna USP juga menggunakan 3 cairan primer kobalt klorida (merah), besi (III) klorida (kuning), dan tembaga sulfat. Tetapi mereka dicampur dan diencerkan menjadi 20 larutan referensi berbeda yang disebut dengan huruf A sampai T.

Skala warna EP dan USP bergantung pada penilaian manusia dengan sampel pencocokan warna secara visual dengan solusi referensi. Ini sangat subjektif karena persepsi warna berbeda di antara individu, dan latar belakang sekitarnya serta pencahayaan sekitar juga dapat memengaruhi penilaian visual. Selain itu, solusi referensi rentan terhadap penyimpangan warna dari waktu ke waktu dan memerlukan persiapan yang konstan untuk mempertahankan ketertelusuran.

Untuk menghilangkan risiko kesalahan manusia dan penilaian visual subjektif, penggunaan instrumen pengukuran warna seperti Spektrofotometer CM-5 akan sangat membantu. CM-5, dimuat dengan indeks EP dan USP, memungkinkan pengguna untuk mengatasi risiko dan memberikan pengukuran warna obat-obatan cair yang akurat dan berulang dengan mudah.

CM-5 juga menawarkan semua sistem kolorimetri utama seperti CIE L * a * b * dan L * C * h dan skala warna standar industri umum seperti Gardner, APHA / Hazen, dan Nomor Warna Iodine. Bersama dengan perangkat lunak kontrol warna SpectraMagic NX, indeks seperti Correlated Haze juga tersedia.

Lihat video ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang CM-5.

Untuk informasi dan konsultasi mengenai produk dengan tim ahli dapat menghubungi marketing @almega.co.id.