Menguji Kualitas Air Dengan Colorimeter

Mata manusia adalah alat yang luar biasa, mampu melakukan hal-hal yang luar biasa. Tetapi kemampuannya  terbatas, terutama ketika membedakan antara warna dan corak yang sangat mirip dalam penampilan, satu sama lain. Untuk aplikasi pengukuran warna dengan air, colorimeter mengembalikan tingkat akurasi setinggi mungkin.

Beberapa orang akan berkata, “Tapi airnya jernih. Mengapa Anda ingin mengukurnya? ” Salah satu alasannya adalah karena kotoran, misalnya, dalam air minum kemasan dapat mengubah warna air terlalu sedikit untuk dibedakan oleh seseorang. Namun, instrumen pengukuran warna yang tepat akan melihat perbedaannya dengan cepat.

Di pabrik pembotolan air, misalnya, pekerja kontrol kualitas mengukur sampel air yang mereka ketahui murni. Data dari pengukuran itu disimpan dalam memori kolorimeter. Saat pengukuran dilakukan pada kumpulan air lainnya, instrumen memberi tahu pengguna jika ada variasi warna, mengingatkan mereka tentang kemungkinan kontaminasi.

Alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur air limbah untuk menentukan tingkat pengotor yang dikandungnya. Untuk tugas ini, teknisi sering kali menyetel instrumen ke apa yang dikenal sebagai indeks warna APHA untuk digunakan sebagai standar pengukuran warna mereka.

APHA adalah singkatan dari American Public Health Association dan indeks yang mereka adopsi dibuat pada tahun 1892 oleh seorang pria bernama A. Hazen, yang adalah seorang ahli kimia. Indeks APHA memungkinkan untuk pertama kalinya mengukur pengotor dalam air limbah dengan membandingkannya dengan larutan khusus yang mengandung platinum cobalt.

Banyak model colorimeter yang dapat dipegang dengan tangan dan portabel, sehingga memudahkan pengguna untuk membawanya ke berbagai area di dalam pabrik pengolahan air atau pembotolan. Alat ini mudah dioperasikan, bahkan untuk pengguna pertama kali dan dilengkapi sejumlah menu dan program yang sesuai dengan banyak tugas pengukuran.

Namun tidak hanya dalam pengukuran air yang kami temukan instrumen ini. Mereka juga digunakan untuk mengukur berbagai cairan lain seperti obat-obatan, larutan kimia, produk minuman, dan lainnya. Dalam semua kasus ini, mereka memberi tahu pengguna tentang variasi warna apa pun dari standar yang telah diprogram sebelumnya.

Konica Minolta menawarkan rangkaian lengkap perangkat pengukur warna canggih yang digunakan di seluruh dunia di laboratorium, pabrik, dan fasilitas pengujian ketika pembacaan warna yang tepat diperlukan. Untuk informasi dan konsultasi mengenai produk dengan tim ahli dapat menghubungi marketing@almega.co.id.