Cara Mengukur Warna Susu Bubuk

Warna, aspek penampilan makanan, adalah indikator utama kualitas. Ini juga merupakan indikator keamanan yang penting karena konsumen cenderung menggunakan karakteristik sensorik seperti penampilan untuk menentukan apakah makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Setiap produsen susu memahami pentingnya warna, menggunakan alat pengukur warna untuk membantu mereka memastikan warna yang tepat tercapai secara konsisten.

Warna susu rentan berubah selama proses pembuatan, terutama bubuk. Hal ini disebabkan paparan panas yang tinggi selama pemrosesan yang menimbulkan reaksi maillard. Reaksi kimia ini tidak hanya mengubah penampilan susu bubuk, tetapi juga mempengaruhi rasanya. Pemantauan warna yang hati-hati diperlukan untuk memastikan konsistensi serta untuk mengevaluasi variabel proses manufaktur yang dapat menyebabkan perubahan warna.

Dalam tahap penelitian dan pengembangan, penggunaan instrumen warna dapat membantu produsen susu menentukan proses pencampuran bubuk susu yang optimal. Pada tahap kontrol proses, instrumen warna dapat digunakan untuk memantau warna selama proses panas.

Parameter yang biasa digunakan untuk menentukan kualitas warna susu adalah ruang warna CIE L * a * b * dan CIE L * C * h. Dengan bantuan instrumen warna seperti Konica Minolta Spectrophotometer CM-5, produsen susu dapat mengukur dan mengevaluasi warna susu bubuk dengan mudah.

Apabila Anda membutuhkan informasi dan konsultasi mengenai produk dengan tim ahli dapat menghubungi marketing @almega.co.id