Kolorimetri Membantu Meningkatkan Kualitas Kopi

Karena banyaknya variabel yang di luar kendali petani kopi dan hanya produsen yang dapat menentukan biji mana yang kualitasnya paling tinggi adalah keharusan untuk membuat kopi berkualitas tinggi. Setiap biji kopi menjalani pemeriksaan kualitas yang ketat untuk memastikannya memenuhi standar kualitas internasional yang ketat. Di masa lalu, pemanen dan pengolah kopi harus mengandalkan penglihatan dan rasa fisik saja untuk menentukan kematangan dan kesiapan kacang. Bahkan dengan pemanen ahli dan “cupper” (pencicip kopi profesional) mempertahankan kualitas yang konsisten masih sangat sulit karena persepsi manusia dapat dengan mudah berubah berdasarkan pada sikap dan lingkungan dari hari ke hari.

Untuk mengatasi keterbatasan ini, pemroses kopi memutuskan untuk menggunakan gadget kecil yang bagus yang disebut colorimeter. Sebelum biji dipanggang, salah satu pemeriksaan kualitas paling penting adalah menguji warna biji kopi hijau. Alasan untuk pemeriksaan ini adalah karena warna hijau biji kopi dapat bervariasi tergantung pada ketinggian di mana biji ditanam.

Dengan menggunakan colorimeter Konica Minolta CR-410, mereka dapat menentukan bahwa biji kopi dengan ketinggian lebih tinggi memiliki jumlah warna hijau biru atau biru yang lebih tinggi, hadir daripada biji kopi ketinggian lebih rendah. Ini membuatnya mudah untuk menentukan kacang mana yang berkualitas lebih tinggi. Tidak hanya ini menetapkan dan membantu menjaga standar kualitas, itu juga berarti bahwa pemanen dapat mengetahui dengan lebih pasti jumlah keuntungan yang lebih tinggi yang dapat dihasilkan berdasarkan jumlah biji berkualitas lebih tinggi yang dipanen.

Untuk informasi lebih lanjut dan apabila tertarik dengan produk alat uji warna, silahkan menghubungi PT Almega Sejahtera melalui emailĀ marketing@almega.co.id