Pengetahuan Tentang Pengukuran Gloss (Kilap)

Gloss adalah atribut penampilan umum yang digunakan untuk menggambarkan penampilan produk. Namun, tampilan visual suatu produk tidak dapat dijelaskan secara memadai menggunakan gloss.

Dua permukaan dapat memiliki pembacaan gloss identik, tetapi penampilan visual yang sangat berbeda dan kualitas gambar yang dipantulkan. Perbedaan ini disebabkan oleh keterbatasan teknologi meteran dalam mendeteksi struktur kasar (kulit jeruk) atau struktur mikroskopis (kabut) di permukaan.

Refleksi Haze

Refleksi kabut dapat menyebabkan permukaan memiliki kontras gambar pantulan yang buruk dengan lingkaran cahaya di sekitarnya. Hal ini disebabkan oleh tekstur mikro pada permukaan yang dilapisi mengubah arah cahaya yang dipantulkan. Beberapa penyebab potensial kabut refleksi adalah dispersi yang buruk, ketidakcocokan bahan baku dan pemolesan atau abrasi.

Kulit jeruk

Istilah “kulit jeruk” digunakan untuk menentukan tekstur permukaan yang bergelombang dan kasar yang disebabkan oleh formulasi yang salah atau lapisan yang tidak diaplikasikan. Tekstur yang tidak diinginkan ini mendistorsi cahaya yang dipantulkan, menyebabkan gambar yang dipantulkan fuzzy di permukaan. Parameter Distinctness of Image (DOI) dan Reflected Image Quality (RIQ) keduanya mampu mengukur kulit jeruk dengan yang kedua memiliki resolusi lebih tinggi yang berkorelasi dengan persepsi manusia.

2 panel pada gambar 1 menunjukkan perbedaan besar dalam penampilan mereka tetapi perbedaan kecil dalam pembacaan gloss.

Ketika dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan parameter HAZE, DOI dan RIQ, kita dapat melihat bahwa panel A menunjukkan kabut yang lebih tinggi dan kualitas gambar yang dipantulkan lebih buruk.

Bergerak melampaui pengukuran gloss, parameter penampilan tambahan seperti HAZE, DOI dan RIQ diperlukan untuk mendapatkan evaluasi penampilan produk yang komprehensif.  Appearance meter seperti Rhopoint IQ-S mampu mengukur gloss, HAZE, DOI dan RIQ secara bersamaan, memberikan solusi hemat biaya untuk pengukuran tampilan visual (Visual  Appereance Measurement).

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa menghubungi PT Almega Sejahtera melalui emailĀ marketing@almega.co.id.