Reflected Image Quality (RIQ) Terbaru Untuk Mengevaluasi Kualitas Lapisan Penutup

Dalam pelapisan, kulit jeruk (orange peel) memiliki dampak besar pada hasil akhir berkualitas tinggi. Efek yang tidak diinginkan ini mengurangi kualitas penampilan dan disebabkan oleh pelapisan yang tidak baik atau formulasi yang salah.

Meskipun efek kulit jeruk terlihat oleh mata manusia, evaluasi visual itu membosankan dan subyektif. Untuk mengukur kulit jeruk secara objektif dan konsisten, diperlukan parameter pengukuran Distinctness of Image (DOI)  dan Reflected Image Quality (RIQ).

Baik DOI dan RIQ adalah parameter yang mengukur seberapa jelas gambar yang dipantulkan akan muncul di permukaan. Permukaan yang sangat halus yang memantulkan gambar tanpa distorsi memiliki nilai DOI atau RIQ 100.

Dalam industri otomotif, teknologi pelapisan telah mencapai tingkat di mana data DOI tidak cukup untuk mengevaluasi kulit jeruk. Ketika jumlah kulit jeruk berkurang, permukaan yang   sangat reflektif secara bertahap menunjukkan perbedaan marginal antara nilai DOI mereka yang tidak sebanding dengan perbedaan visualnya.

Untuk mencapai hasil yang lebih proporsional, RIQ dapat digunakan karena parameter pengukuran ini memberikan hasil resolusi yang jauh lebih tinggi yang berkorelasi baik dengan persepsi manusia.

Untuk mencapai hasil yang lebih proporsional, RIQ dapat digunakan karena parameter pengukuran ini memberikan hasil resolusi yang jauh lebih tinggi yang berkorelasi baik dengan persepsi manusia. Instrumen seperti Rhopoint IQ adan IQ Flex mampu mengukur parameter pengukuran penampilan kritis seperti DOI dan RIQ yang dapat membantu produsen mengukur efek terkait pelapisan seperti kulit jeruk secara objektif.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa menghubungi PT Almega Sejahtera melalui email marketing@almega.co.id.