Mendeteksi Obat Palsu dengan Spektrofotometer

Spektrofotometer adalah instrumen unik yang digunakan untuk menganalisis warna dan penampilan suatu objek. Ada banyak jenis spektrofotometer, masing-masing dengan tujuan khusus.

Baru-baru ini, spektrofotometer telah digunakan dalam perang melawan obat palsu yang dijual di pasar gelap. Perusahaan farmasi dengan hati-hati mendokumentasikan warna senyawa spesifiknya baik untuk kontrol kualitas maupun untuk alasan paten dan merek dagang.

Senyawa kimia dan teknik peracikan yang digunakan untuk membuat obat mempengaruhi warnanya, sehingga memungkinkan perusahaan farmasi untuk membuat profil warna untuk setiap produk mereka. Ketika warna batch sampel menyimpang dari standar mereka, dengan cepat diidentifikasi dengan spektrofotometer dan dibuang. Sekarang, teknik yang sama digunakan oleh organisasi pemerintah di seluruh dunia untuk mendeteksi dan menyita obat-obatan terlarang sebelum mereka memasuki pasar gelap.

Berharap mendapat untung besar, banyak organisasi kriminal menggunakan bandara, pelabuhan, dan jalan raya untuk menyelundupkan narkotika ilegal dan obat-obatan palsu. Obat-obatan terlarang ini seringkali terdiri dari bahan kimia beracun yang menyerupai obat yang sah dan kemudian dijual di pasar gelap atau melalui internet. Namun, dengan tersedianya spektrofotometer bench-top dan portable di pelabuhan utama dan kendaraan pemerintah, banyak obat ini tidak pernah masuk sirkulasi.

Ketika sebuah fasilitas pabrik obat ilegal atau individu yang membawa obat-obatan yang dicurigai ditemukan, laboratorium pengujian obat keliling digunakan. Laboratorium seluler ini dengan cepat menganalisis pola warna dan pantulan dari setiap bahan yang disita menggunakan spektrofotometer dan membandingkan data yang dihasilkan dengan profil produk perusahaan farmasi. Jika bahan-bahan tersebut tidak konsisten dengan profil produk ini, instansi penegak hukum akan segera diberi tahu dan obat-obatan terlarang disita.

Sementara itu spektrofotometer telah ada sejak lama, kemampuan dan penggunaannya terus berkembang. Organisasi pemerintah di seluruh dunia menggunakan instrumen berkinerja tinggi ini untuk tidak hanya mendeteksi zat ilegal, tetapi untuk mencegah zat berbahaya memasuki pasar legal, terutama di industri makanan dan farmasi.

Untuk permintaan produk dan konsultasi gratis tentang Spektrofotometer dapat menghubungi PT Almega Sejahtera melalui email marketing@almega.co.id