Mengapa Penting Mengukur Gloss dalam Sudut 85, 60 dan 20?

Visual appearance

Visual appearance dari produk adalah faktor utama dalam memenangkan minat customer. Selain warna, gloss adalah parameter kunci dari pengukuran yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas visual. Gloss diukur dengan mengukur jumlah cahaya yang dipantulkan dari permukaan dan pengukuran dicatat dalam unit gloss (GU). Semakin tinggi gloss unit, permukannya akan semakin reflektif dan glossy.

Sama seperti warna, persepsi level gloss sangat subjektif antara manusia. Hal-hal yang dapat membuat glossy untuk designer furniture bisa merusak pabrikan mobil. Untuk mencapai kebutuhan level gloss secara akurat dan konsisten, penggunaan gloss meter sangat dibutuhkan.

Level gloss yang berbeda, akan merefleksikan cahaya secara berbeda juga. Untuk mengakomodasi skala yang lebih besar dari gloss dan menentukan perbedaan dasar dalam nilai gloss, ada lebih dari satu pengukuran geometri yang direkomendasikan.  Banyak industri menggunakan sudut 85°/60°/20° spesifikasi geometri dalam ASTM D523 untuk mengukur gloss. Menggunakan 60° sebagai sudut pengukuran standar, pembacaan dibawah 10 GU  dan diatas 70 GU direkomendasikan untuk diukur lagi menggunakan 85° dan 20° geometri masing-masing, untuk mengoptimalkan keakuratan pengukuran.

Tri gloss instrument

Tri gloss instrument dengan sudut A 85°/60°/20° seperti Rhopoint IQ, mampu mengukur gloss dan mengukur efek yang terkait dengan lapisan seperti orange peel dan kabut secara bersamaan, memberikan solusi hemat biaya dan menghemat waktu untuk pengukuran appearance.