Pengendalian Kualitas Warna Sarung Tangan Latex

Konsistensi Warna pada Bahan Latex

Kualitas seringkali dikaitkan dengan konsistensi, dan sarung tangan latex bukanlah pengecualian. Seiring dengan pertumbuhan permintaan dari sarung tangan berwarna, konsistensi warna untuk sarung tangan semakin diperketat. Banyak pabrik produsen yang bergerak di industri seperti kesehatan dan makanan, sedang beralih menuju sistem nilai numeric melalui instrument pengukuran warna untuk memastikan konsistensi warna.

Dengan bantuan dari instrument pengukur warna, standardisasi dari proses pengontrolan warna dapat dicapai untuk membantu proses produksi mencapai standar kualitas warna dan mengurangi eror dan produk gagal. Umumnya  sarung tangan tidak sepenuhnya solid dan banyaknya lipatan dari sarung tangan sangat direkomendasikan untuk memastikan opacity sebelum disiapkan untuk pengukuran warna. Untuk sarung tangan yang sangat tembus pandang, pengukuran trans-reflectance, sangat direkomendasikan untuk menggunakan background substrat putih. Ceramic tile atau Leneta opacity card adalah 2 substrat yang umum digunakan.

 

 

 

 

Jenis-jenis Sarung Tangan Latex

Opacity atau index opacity dari sarung tangan latex dapat ditentukan dengan membagi reflectans luminous dari sarung tangan dengan substrat hitam terhadap reflectan luminous dari sarung tangan yang sama didukung dengan substrat putih. Semakin transparan sarung tangan, akan semakin kecil opacity index-nya.

Instrumen Color Reader CR-20

Instrumen pengukur warna seperti Konica Minolta Color Reader CR-20 memiliki color space yang dibutuhkan, seperti CIE L*a*b* dan Yxy dengan cepat, mudah dan evaluasi warna yang objektif. CR-20 portabel dan mudah dioperasikan, cocok untuk evaluasi secara on-site dan umumnya dijabarkan dalam in-process atau proses outgoing sarung tangan latex semudah seperti pass/fail sederhana.