Mengukur Warna Kelapa Kering

Kelapa kering sebagai alternatif daging kelapa segar

Kelapa kering adalah bahan makanan alternative dari daging kelapa segar, biasa menjadi bahan yang digunakan dibanyak masakan di wilayah Asia. Diproduksi dari kelapa yang diparut lalu digilas, kelapa kering umumnya dikategorikan kedalam kualitas kelas menengah atau baik sesuai dengan ukuran potongan.

Pemeriksaan warna secara visual kelapa kering

Warna dan penampilan kelapa kering adalah indikator dari kualitas. Kelapa kering dengan kualitas terbaik biasanya berwarna putih dan bebas dari perubahan warna seperti bintik-bintik kuning atau hitam. Pemeriksaan visual dari kelapa kering sangat subjektif karena persepsi warna dari setiap pengamat. Selanjutnya, factor seperti pencahayaan dan ukuran sampel mempengaruhi bagaimana kita melihat warna. Penilaian cepat dan obyektif dapat dicapai dengan menggunakan alat ukur warna. Ruang warna yang umum digunakan untuk mengukur kualitas warna makanan adalah CIE L * a * b *.

Konsistensi preparasi sampel dan teknik pengukuran sangat penting dalam pengukuran warna kelapa kering. Berdasarkan dari bentuk bubuk, warna dari sampel kelapa kering diukur dengan bantuan petri dish atau cell. Cincin penahan dapat dipertimbangkan untuk memastikan posisi sampel yang konsisten.

Konica Minolta Spectrophotometer CM-5, ketika digunakan dalam hubungannya dengan aksesoris seperti petri dish dan sel, memastikan pengguna bebas masalah ketika mengukur.

Dibawah ini adalah tipe dari petri dish yang dimiliki oleh Spectrophotometer CM-5.

Petridish ⌀16mm untuk sampel ukuran kecil

Petridish ⌀3mm

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai artikel ini, hubungi kami di: marketing@almega.co.id