Apakah Kita Memasuki Era Baru Ilmu Warna?

Menurut sebuah studi baru-baru ini tentang pewarnaan hewan dan tumbuhan yang diterbitkan di majalah Science, kita berpotensi berada di ambang era baru ilmu warna. Berdasarkan penelitian dari 27 ilmuwan internasional, penelitian ini mengikuti beberapa terobosan ilmiah dalam memahami bagaimana hewan merasakan dan dipengaruhi oleh warna, dan mungkin juga dapat menghasilkan pemahaman yang lebih baik mengenai perilaku manusia.

Salah satu penemuan dalam penelitian ini adalah cara di mana udang mantis melihat warna. Sementara manusia hanya memiliki tiga reseptor warna – merah, hijau, dan biru; udang mantis memiliki dua belas reseptor warna yang memungkinkan variasi yang lebih besar dalam cara mereka memandang cahaya dan warna serta berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. Penulis utama penelitian Innes Cuthill bahkan membandingkan deteksi cahaya dan warna dari 12 reseptor udang mantis ke spektrometer, seperti Spectrifikasi Sistem Instrumen 320.

Penemuan lain dalam penelitian ini adalah cara dimana pewarnaan tubuh pada hewan tertentu dapat menunjukkan perilaku mereka. Contoh yang diberikan di sini adalah tawon kertas, yang dikenal dengan pola hitam dan kuningnya. Ketika tawon perempuan memiliki jumlah tanda hitam yang lebih besar atau lebih banyak di wajah mereka, penelitian tersebut menemukan bahwa mereka cenderung menjadi pejuang yang lebih baik dan lebih mungkin untuk bertengkar dengan tawon lainnya.

KONICA MINOLTA

Jika kita sebenarnya berada di ambang era baru ilmu pengetahuan warna seperti yang dibuktikan dengan penelitian ini, Anda dapat yakin bahwa Konica Minolta Sensing akan berada tepat di garis terdepan. Instrumen pengukuran warna dan pencahayaan inovatif kami, termasuk CM-5 Spectrophotometer dan CS-160 Luminance and Color Meter, adalah standar industri dan digunakan oleh berbagai macam perusahaan untuk menjaga kualitas dan konsistensi warna. Jika perusahaan Anda bekerja dengan warna dan cahaya, Konica Minolta Sensing memiliki instrumen yang akan senantiasa membantu Anda.

Bila terdapat pertanyaan lebih lanjut mengenai Konica Minolta, silakan menghubungi PT Almega Sejahtera melalui email: marketing@almega.co.id