Bagaimana Mengukur Warna Sup Kaleng?

ap-soup-color-blog-1-200x134Warna makanan memiliki pengaruh yang signifikan pada identifikasi rasa dan preferensi para konsumen. Untuk mencapai warna yang akurat dan konsisten adalah hal yang penting. Namun hal tersebut cukup sulit untuk aplikasi makanan seperti sup kalengan, yang membutuhkan proporsi bahan-bahan yang tepat untuk menghasilkan warna yang tepat. Mengukur warna sup kalengan selama proses manufaktur dapat membantu memastikan warna yang tepat dapat dicapai secara konsisten.

Pengukuran warna yang dilakukan secara visual sangat subjektif terhadap warna yang dipersepsikan secara berbeda oleh pengamat yang berbeda. Alat ukur warna akan mengekspresikan warna secara numerik, dimana hal ini akan memungkinkan pengguna untuk mengukur warna secara obyektif.

Warna bahan makanan tentunya akan mempengaruhi warna keseluruhan sup. Maka, verifikasi warna bahan-bahan tersebut akan membantu meminimalisir varians yang luas dan meningkatkan hasil produksi. Bahan-bahan makanan memiliki berbagai bentuk, seperti buram, bening, ataupun transparan. Untuk memastikan data warna yang diperoleh adalah akurat, penggunaan mode pengukuran transmisi maupun reflektansi, dipilih sesuai dengan opasitas atau transparansi bahan.

Spektrofotometer Konica Minolta CM-5 mampu melakukan kedua reflektansi dan pengukuran transmisi, serta memberikan rasa kenyamanan kepada penggunanya untuk mengukur berbagai macam bahan. Berbagai macam aksesoris seperti cawan petri, kuvet, sel tabung, dan target mask juga tersedia untuk membantu menyederhanakan proses pengukuran.

Klik disini untuk menonton video CM-5.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengukuran warna sup kaleng ataupun evaluasi warna makanan, silakan hubungi PT. Almega Sejahtera melalui email: marketing@almega.co.id