Bagaimana Mencapai Warna Botol PET yang Konsisten?

ap-pet-bottles-blog-1Warna sangat penting untuk branding dan memiliki dampak yang besar pada persepsi konsumen dari suatu produk. Banyak perusahaan minuman menyadari pentingnya warna dan pengaruhnya terhadap persepsi konsumen. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk memastikan bahwa warna botol-botol polyethylene terephthalate (PET) tetap konsisten setiap saat.

Untuk mencapai warna yang akurat dan konsisten, pengaturan warna diperlukan selama proses pembuatan botol PET. Warna pelet plastik diperiksa pertama kali dengan menggunakan spektrofotometer untuk memastikan bahwa nilainya terdapat di dalam range yang sesuai.

Selanjutnya, warna preforms PET diukur untuk membantu memastikan agar botol PET yang sepenuhnya ditiup mencapai warna yang diinginkan. Untuk memastikan agar data warna yang diperoleh adalah akurat, penggunaan baik pantulan maupun pengukuran transmisi dipilih berdasarkan dengan opasitas PET preforms dan tembusnya. Lalu, topi dan penutup yang buram, diukur dengan sangat baik menggunakan modus reflektansi. Untuk topi dan penutupan dengan atas permukaan yang bertekstur, mengukur beberapa poin dan rata-rata dari pengukuran tersebut dapat menghasilkan data warna yang lebih dapat direproduksi.

KONICA MINOLTA SPECTROPHOTOMETER CM-5

Spektrofotometer CM-5 Konica Minolta memiliki berbagai macam aksesoris seperti sel kaca, ap-pet-bottles-blog-2cawan petri, dan preform holder, yang dapat membantu dalam mengukur berbagai jenis sampel, apakah itu buram, bening, maupun transparan. CM-5 juga dilengkapi dengan top-port dan transmisi ruang yang menyediakan kedua mode pengukuran reflektansi dan transmitansi.

Klik disini untuk menonton video CM-5.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengukuran botol warna plastik, silahkan hubungi PT. Almega Sejahtera melalui email: marketing@almega.co.id