Bagaimana Mengukur Warna Saus?

Saus yang siap untuk dikonsumsi (instan) atau untuk food dressing, seperti saus cabai dan salad telah menjadi bagian yang penting untuk makanan-makanan masa kini, dimana saus ini sering digunakan untuk meningkatkan kelezatan rasa dan penampilan makanan. Ada berbagai jenis saus di pasar saat ini. Bagi para produsen, mencapai warna yang tepat secara konsisten sangatlah penting dalam pasar yang kompetitif karena warna berkaitan dengan kualitas produk itu sendiri. Warna yang tidak konsisten menyebabkan kesan negatif pada kedua produk dan merek. Mengukur warna saus memungkinkan produsen untuk mengontrol warna dan memastikan agar mereka tetap akurat serta konsisten.

Saus juga memiliki berbagai jenis seperti warna buram atau transparan. Hal ini dapat menjadi tantangan bagi para food technologist untuk mengukur warna saus. Selain itu, mengukur warna juga merupakan hal yang subjektif karena persepsi terhadap warna adalah berbeda-beda diantara satu individu dengan yang lainnya. Selanjutnya, faktor-faktor seperti ukuran sample dan kondisi pencahayaan juga dapat mempengaruhi penilaian warna. Alat ukur warna akan memberikan nilai numeric untuk warna, yang memungkinkan penggunanya untuk mengukur dan mengkomunikasikan warna secara obyektif.

Saus dan dressing membutuhkan proporsi bahan-bahan yang tepat untuk mencapai warna yang benar. Memverifikasi warna bahan membantu meminimalkan varians warna. Selain itu, mengukur warna saus dalam seluruh proses produksi juga memastikan bahwa warna yang tepat dapat dicapai secara konsisten.

Spectrophotometer Konica Minolta

Spectrophotometer Konica Minolta CM-5 dengan satuan warna CIE L*a*b* akan membantu penggunanya untuk mengukur warna saus dan dressing dengan mudah. Klik disini untuk menonton video CM-5.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai alat ukur warna Konica Minolta serta aplikasinya, silakan menghubungi PT Almega Sejahtera melalui email: marketing@almega.co.id