Minyak Sawit dan Minyak Inti Sawit

Minyak Sawit dan Minyak Inti SawitDua jenis minyak yang dihasilkan dari buah kelapa sawit – minyak sawit dan minyak inti sawit. Minyak sawit berasal dari pulp, sementara minyak inti sawit berasal dari kernel buah; maka keduanya berbeda dalam warna.

Minyak kelapa sawit berwarna kemerahan karena karoten alami, seperti alpha-karoten, beta-karoten dan likopen, nutrisi yang sama yang memberikan warna pada tomat dan wortel. Kelapa sawit tidak mengandung jumlah kolesterol yang signifikan dan menjadi semi-padat pada suhu kamar.
Minyak sawit dan minyak inti sawit adalah bahan yang umum digunakan dalam margarin, biskuit, roti, sereal, mie instan, cokelat, es krim, sabun, shampoo, lipstik, lilin, deterjen dan jenis-jenis kosmetik. Daftar produk yang menggunakan kelapa sawit sangat banyak, diperkirakan bahwa sekitar setengah dari semua item yang ditemukan di supermarket mengandung minyak sawit.

Minyak sawit banyak digunakan dalam makanan dan minyak inti sawit digunakan dalam kosmetik. Meluasnya penggunaan minyak ini karena biaya yang rendah dan stabilitas oksidatif tinggi yang baik untuk menggoreng (minyak sawit) dan dasar untuk produk sabun (minyak inti sawit).

Kelapa sawit terserdia di kelas yang berbeda dan masing-masing kelas berbeda dalam nuansa, yang berkisar dari merah ke oranye. Sama seperti cat air, pencampuran warna yang berbeda akan menghasilkan warna lain, maka pencampuran nilai yang berbeda dari minyak sawit menjadi produk dapat menyebabkan perubahan warna. Untuk teknologi analisa warna, spektrofotometer atau kroma meter membantu untuk mengukur tujuan warna. Data ini memberikan nilai warna numerik untuk membantu para pengguna dalam pengembangan produk mereka, sehingga untuk memastikan konsistensi warna produk.

Awal penggunaan minyak sawit kembali setidaknya 5.000 tahun yang lalu. Di masa lalu, kelapa sawit dianggap sebagai komoditas penting, Inggris menggunakannya sebagai pelumas untuk mesin sementara orang Eropa menggunakannya sebagai minyak goreng.

Berikut adalah beberapa fakta menarik:
  • Pohon kelapa sawit dapat tumbuh hingga 20 meter dan memiliki rentang hidup rata-rata 25 tahun.
  • Setiap bagian dari buah kelapa sawit mengandung minyak 50%.
  • Minyak kelapa sawit dapat dipanen 12 bulan dalam setahun.
  • Pohon kelapa sawit bisa menghasilkan 10 ton tandan buah per hektar.
  • Rata-rata 3,9 ton minyak sawit mentah dan 0,5 ton minyak inti sawit dapat diekstraksi per hektar.
  • Serat Sisa dari pabrik inti sawit digunakan sebagai bahan pangan hewan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ilmu warna dan aplikasi warna, Anda dapat menghubungi PT. Almega Sejahtera melalui email di marketing@almega.co.id