Apakah Arti Struktur Nano untuk Warna?

Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana burung merak dan hewan lain mendapatkan warna utama mereka? Atau bagaimana bulu pada burung merak selalu tampak biru, bahkan jika Anda melihatnya dari sudut yang berbeda? Hal ini bukanlah karena pigmen warna, namun disebabkan oleh struktur nano. Karena make-up mereka, struktur nano ini memantulkan cahaya dengan cara yang unik sehingga gelombang cahaya berpotongan dan menciptakan warna-warna cerah. Sekarang ini, tim peneliti di Institut Teknologi Karlsruhe telah menemukan lebih banyak tentang bagaimana cara struktur ini bekerja dan kemungkinan manfaatnya bagi kita.

Ilmuwan yang mempelajari tarantula biru menemukan bahwa warna laba-laba adalah hasil rambut mereka. Mengenai hal ini, mereka menemukan bahwa hal tersebut terdiri dari beberapa lapisan dan menyerupai struktur bunga. Dengan menggunakan analisa dari komputer, para periset mulai memperhatikan bagaimana rambut tersebut dapat memantulkan cahaya dan berusaha menyalinnya dengan bantuan printer 3D khusus yang dapat membuat potongan mikro dan nano. Mereka berhasil menciptakan struktur seperti rambut yang memiliki sudut pandang 160 derajat, artinya apabila dilihat pada salah satu sudut tersebut, ia akan tampak seperti warna yang sama. Itulah sudut pandang buatan manusia terbesar yang pernah dibuat sejauh ini.

Namun, apa artinya ini bagi kita? Struktur nano ini tidak hanya lebih terang dan lebih kuat dari warna alami lainnya, tapi juga tidak beracun, tidak seperti pigmen. Selain itu, para ilmuwan percaya bahwa dalam waktu dekat ini dapat memainkan peran yang besar dalam industri tekstil. Bidang lain mungkin lebih lambat untuk mengadopsi struktur nano ini, tetapi bukan karena kurangnya kemungkinan aplikasinya. Saat ini, tidak banyak printer 3D yang mampu membuatnya. Sampai hal ini menjadi lebih luas, menggunakan struktur nano mungkin terbukti sulit. Para ilmuwan, bagaimanapun, yakin bahwa masalah ini akan segera diperbaiki.

Jika Anda adalah seorang peneliti yang mempelajari struktur nano yang sama, atau hanya mencoba menciptakan warna yang konsisten, konsultasikanlah kepada para ahlinya dan pastikan bahwa warna Anda adalah sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, Spectrophotometer CM-512m3A dan CM-M6 keduanya mudah digunakan dan dapat mengevaluasi warna dari sejumlah sudut pandang. Pastikan Anda mengukur warna struktur nano dengan Konica Minolta Sensing.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengukuran warna dan cahaya, silakan hubungi PT Almega Sejahtera melalui email: marketing@almega.co.id