Mengukur Warna Burger Vegan

vegan-burgerMasalah yang umum dihadapi ketika membuat pengganti makanan vegetarian atau vegan adalah meniru penampilan produk daging. Mereka tidak hanya perlu untuk menyerupai burger atau hotdog setelah mereka dipanggang, melainkan juga di seluruh proses memasak. Maka dari itu, hal ini membutuhkan makanan untuk mengubah warna dan teksturnya pada tingkat yang sama dengan daging biasa, yang tidaklah mudah untuk diperoleh.

Salah satu perusahaan makanan berbasis California akhir-akhir ini baru saja meluncurkan sebuah burger vegan. Bahan utama yang digunakan ialah protein yang diperoleh dari kacang polong kuning, yang memberikan tekstur mewah, dimana ketika masih mentah, mengingatkan tekstur lembut seperti nuansa licin yang dimiliki oleh daging sapi mentah dan akan mengeras setelah dimasak. Rupanya, rasa tersebut juga bahkan menyerupai rasa daging sapi.

Namun, tidak peduli seberapa enak rasa burger tersebut, penampilan sebuah patty harus dapat terlihat lezat untuk menarik pembeli, dimana hal ini berarti mendapatkan warna yang benar. Salah satu bagian yang penting dari proyek ini yaitu meneliti pigmen alami. Untuk melakukan hal ini, ahli kimia akan mempelajari reaksi kimia seperti sintesis protein. Dengan memahami proses ketika patty daging sapi dipanggang atau dimasak, mereka akan mampu untuk menemukan cara-cara agar dapat mereplikasi warna dari daging sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan tersebut. Setelah mereka memiliki ide tentang bagaimana cara untuk meniru penampilan sebuah makanan, penelitian akan menjadi lebih sederhana. Dibandingkan dengan sesuatu yang subyektif seperti rasa, warna makanan adalah hal yang mudah untuk dihitung dan diukur. Hasil akhirnya? Sebuah patty yang tidak hanya menjadi pengganti daging, tetapi juga merupakan makanan yang lezat. Meskipun perusahaan tersebut saat ini masih belum membuat pengumuman apapun, dalam sebuah wawancara dengan seorang ketua peneliti, beliau menyebutkan kemungkinan hal ini dapat menuju ke replikasi makanan berbasis daging sapi lain, seperti ragu atau bakso.

Konica Minolta Sensing menawarkan sejumlah alat pengukuran untuk warna dan penampilan produk yang mampu untuk mengukur warna makanan seperti burger vegan ini. Chromameter CR-400 dan CR-410 adalah akurat dan dapat memberikan nilai lulus/gagal pada sampel agar dapat memastikan bahwa seluruh sampel memenuhi warna standar yang telah ditetapkan. Pastikan penampilan makanan Anda terlihat indah dan lezat seperti rasanya dengan alat ukur warna Konica Minolta Sensing.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai alat ukur warna dan aplikasinya, silakan hubungi PT Almega Sejahtera melalui email: marketing@almega.co.id

Silakan baca artikel “Bagaimana Cara Mengukur Warna Rempah-Rempah?” DISINI