Kemajuan LED Membuka Jalan untuk ‘Smarter Cars’

*’Smarter Cars’: mobil-mobil dengan teknologi canggih.

desain led mobilMobil-mobil canggih sepertinya masih terlihat sebagai sesuatu yang terkait dengan ilmiah fiksi, namun, dengan adanya kemajuan teknologi LED, hal tersebut hanyalah merupakan masalah waktu, sebelum inovasi ini menjadi lebih nyata daripada khayalan. Dengan begitu banyaknya inovasi terbaru dalam teknologi LED, tampaknya tidak ada batas bagi kita untuk aplikasi dan penggunaan LED. Salah satu proyek penelitian yang menarik saat ini adalah pengembangan sistem LED dimana hal ini akan memperbolehkan mobil berkomunikasi satu sama lain dengan mengirimkan sinyal cahaya LED.

li-fi untuk mobilUntuk mencapai hal ini, para peneliti di Intel telah melakukan eksperimen dengan sistem yang dikenal sebagai komunikasi cahaya tampak / visible light communication (VLC). Sistem VLC tergantung pada metode transmisi cahaya yang dikenal sebagai Li-Fi. Li-Fi adalah sistem komunikasi menggunakan lampu dimana sinyal dan pesan dapat ditransmisikan oleh cahaya ke penerima khusus (contohnya: kamera). Dalam sistem VLC, cahaya bermodulasi lebih cepat daripada apa yang dapat ditangkap oleh mata manusia, tetapi, sebuah kamera mampu untuk menangkap sinyal cahaya yang dipancarkan. Akhirnya, para peneliti berharap bahwa modulasi cahaya tersebut dapat digunakan sebagai pilihan yang terjangkau untuk mobil dapat mengirim sinyal ke satu sama lain, yang tentunya akan membantu menghindari tabrakan, memposisikan suatu kendaraan, meredupkan lampu depan mobil yang terang, dan bahkan dapat memulai era pengemudian otomatis di masa yang akan datang.

lampu led mobilBeberapa tantangan untuk sistem VLC Li-Fi ini adalah ketika sebuah kamera memerlukan pandangan yang tidak terhalangi dari sumber cahaya agar dapat mengambil sinyal secara akurat. Karena hal ini tidak selalu mungkin ketika mengemudi karena masalah waktu, jumlah cahaya ambien, cuaca, medan, dan jarak; VLC masih menjalani sejumlah besar pengujian untuk mengatasi masalah tersebut. Para peneliti berharap dan telah mencari solusi-solusi untuk masalah ini dan telah menemukan sejumlah hasil yang menjanjikan. Tahap selanjutnya dalam pengujian tersebut adalah untuk menggabungkan sistem ini ketika mengetes sebuah mobil dan melihat bagaimana mereka bekerja pada tes di jalan yang pertama. Dengan semakin banyak kamera yang dibangun dalam model mobil-mobil yang baru, penambahan VLC merupakan cara baru untuk meningkatkan keamanan saat mengemudi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai alat ukur cahaya, display, atau warna, silakan menghubungi PT. Almega Sejahtera melalui email: marketing@almega.co.id