Makanan Ringan China

chinesesnacks2Bakpao kukus, adonan stik goreng, dan pangsit China adalah beberapa contoh makanan ringan China yang lezat dan biasa dikonsumsi ketika sarapan, istirahat, atau sebagai lauk saat makan.

Sementara Anda menikmati makanan ringan yang lezat ini, apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa makanan ringan ini selalu terlihat begitu berselera?

chinesesnacksNah, hal ini sebagian besar disebabkan oleh warna yang tepat pada makanan, dimana produsen makanan tersebut berusaha untuk mempertahankan warna tersebut. Produsen makanan saat ini tidak hanya menjamin rasa makanan, namun, untuk tetap kompetitif, mereka juga harus memastikan konsistensi kualitas makanan secara keseluruhan, termasuk warna makanan. Varians atau perubahan warna tidak lagi mewakili karakteristik natural pada makanan, tetapi menunjukkan proses pengolahan yang tidak baik, perubahan resep makanan, serta produk makanan yang sudah lama (outdated).

Sebagai contohnya adalah warna bakpao kukus China; warna pada bakpao tersebut langsung menunjukkan kualitas, kesegaran, tekstur, dan rasa bakpao. Oleh karena itu, untuk mendapatkan warna yang hampir putih secara keseluruhan dengan warna kekuningan untuk bakpao, merupakan hal yang penting untuk para teknolog makanan (food technologist).

Anda mungkin akan terkejut ketika mengetahui bahwa kontrol warna pada makanan tidak dilakukan secara visual, tetapi dalam metode ilmiah dan terukur. Food Technologist menggunakan alat ukur warna Spectrophotometer, seperti Spectrophotometer Konica Minolta CM-5 atau CR-400 untuk membantu mereka dalam memperoleh pengukuran berulang dan menghemat waktu, sehingga dapat memastikan warna makanan yang tepat.

Warna yang sesuai pada makanan juga bahkan dapat membantu tim produksi untuk lebih memahami seberapa baik makanan dapat diolah atau dimasak agar menghasilkan penampilan dan tekstur makanan terbaik dalam waktu yang singkat. Selain itu, solusi manajemen warna yang lebih baik juga dapat membantu tim R&D untuk memilih bahan baku yang lebih baik yang akan digunakan dalam proses pengembangan produk mereka.

Untuk pemahaman dan detail tentang kontrol warna makanan serta alat ukur warna, silakan hubungi PT Almega Sejahtera melalui email: marketing@almega.co.id