Mengukur Efek Pigmen

ap-effect-pigments-blog-1Warna masa kini yang menggeser efek pigmen menyebabkan perubahan hue warna apabila dilihat dari sudut yang berbeda. Pengecatan yang menggunakan efek pigmen khusus ini dapat menunjukkan warna pelangi jika dilihat dari perspektif yang berbeda. Perubahan yang terjadi pada kecerahan dan warna disebut sebagai wisata warna / color travel.

Warna berubah seiring ketika sudut pencahayaan dan penglihatan berubah, dimana hal ini akan menciptakan efek yang memukau dan dramatis. Dalam spektrofotometer 45/0 normal, pencahayaan diposisikan pada 45° dan refleksi spekular atau cermin refleksi dari pencahayaan ini ada pada sudut 45°. Spektrofotometer tersebut digunakan untuk mengukur warna solid, tetapi tidak cocok untuk mengukur efek pelapisan/pengecatan khusus. Untuk mengukur metalik dan warna pearlescent, spektrofotometer multi-angle atau goniophotometer adalah diperlukan.

Spektrofotometer multi-angle ini memiliki beberapa sudut pandang untuk menandakan efek ap-effect-pigments-blog-2tersebut dan penelitian menunjukkan bahwa dua sudut pandang refleksi aspecular yang berdekatan (-15° dan 15°) dapat membantu memberikan data mengenai perbedaan warna. Sudut aspecular adalah perbedaan antara sudut refleksi specular dan sudut pandang.

Spectrophotometer CM-M6 Konica Minolta yang dilengkapi dengan enam sudut pandang aspecular yaitu pada -15°, 15°, 25°, 45°, 75° dan 110° memungkinkan untuk mengukur efek pigmen.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengukuran warna efek pigmen, silakan hubungi PT Almega Sejahtera melalui email: marketing@almega.co.id