Bagaimana Mengukur Warna Kabut (Haze) dalam Kemasan Transparan?

ap-transparent-packaging-blog-1Dalam industri kemasan, terdapatnya kabut/haze dalam kemasan transparan seperti plastik dan kaca botol adalah hal yang tidak diinginkan. Kehadiran haze tersebut mengurangi kejelasan penampilan kemasan dan mempengaruhi keseluruhan presentasi produk. Haze dapat terjadi ketika kotoran terdapat dalam materi atau kondisi permukaan yang menyebabkan cahaya menyebar. Untuk mengukur kejelasan dalam kemasan transparan, pengukuran haze perlu untuk dilakukan.

Secara tradisional, pengukuran haze dilakukan secara visual dengan memegang sampel transparan ke sumber cahaya untuk menilai kekaburannya. Metode ini sangatlah subjektif dan memakan waktu. Pengukuran haze yang objektif dan konsisten dapat dicapai dengan menggunakan spektrofotometer.

Nilai haze standar acuan pertama-tama harus didefinisikan, setelah itu, penggunanya dapat menghitung jumlah haze pada sampel dengan menggunakan spektrofotometer agar dapat menentukan apakah standar nilai kabut tercapai.

Konica Minolta Spectrophotometer CM-5 dilengkapi dengan ruang transmisi yang mampu ap-transparent-packaging-blog-2mengukur sampel besar dengan ketebalan hingga 60 mm. Ketika digunakan bersama dengan Spectramagic NX Color Software Data, CM-5 dapat memberikan pengguna dengan tanggal kabut kuantitatif serta tepat yang akan membantu memastikan tindakan korektif yang dapat diambil sebelum produksi massal dilakukan, untuk mencegah pengerjaan ulang yang tidak diperlukan.

Klik disini untuk menonton video CM-5

Untuk informasi lebih lanjut tentang alat ukur warna / cahaya, silakan menghubungi PT. Almega Sejahtera melalui email: marketing@almega.co.id

Silakan baca artikel “Bagaimana Mencapai Warna Botol PET yang Konsisten?” DISINI