Lampu LED Ditemukan Dapat Merusak Susu

ledPara ilmuwan di Cornell University akhir-akhir ini menemukan bahwa lampu LED yang bersinar pada susu selama beberapa jam dapat mengurangi kualitas cairan lebih dari yang dapat dilakukan oleh mikroba. Para ilmuwan tersebut melakukan eksperimen untuk menguji usia, lemak, konten mikrobiologi, serta paparan cahaya pada sampel susu dengan menggunakan beragam analisis. LED menurunkan kualitas rasa susu lebih dari sampel yang memiliki kontaminasi mikrobiologi lebih dari 20.000 CFU/mL. Para peminum susu memilih cairan untuk disimpan lebih lama daripada cairan disimpan dalam wadah yang normal di dekat lampu LED sedikitnya selama durasi 4 jam. Susu yang belum terkena lampu LED mempertahankan kualitas tinggi hingga kurun waktu 2 minggu.

Susu memiliki sejumlah bahan kimia fotosensitif, seperti riboflavin dan klorofil. Ketika terkenamilk cahaya baik alami maupun buatan, energi fotonik ini akan pindah ke susu yang sebenarnya, yang akan bereaksi secara berantai dan menciptakan senyawa baru serta molekul. Hal ini, pada akhirnya, dapat menyebabkan berubahnya aroma dan rasa susu menjadi buruk. Orang-orang yang meminum susu tersebut terkadang menggambarkan rasanya seperti rasa plastik atau kardus.

Seorang supervisor di Cornell University mengatakan bahwa meskipun banyak orang melihat kesegaran susu dari usianya, namun penelitian membuktikan bahwa cahaya adalah faktor yang lebih besar dalamĀ  mempengaruhi rasa dan aroma susu. LED juga dapat mengurangi manfaat gizi susu dan menyebabkan penampilan dari packaging susu berubah. Karena proses pengemasan susu yang digunakan sekarang ini telah terkena cahaya dari beragam level, hal ini dapat menyebabkan perbaikan packaging di masa depan, seperti mengubah botol susu untuk membuatnya tahan terhadap cahaya. Dikarenakan penelitian sebelumnya telah difokuskan pada lampu neon, penemuan ini juga membuka pintu baru untuk eksperimen dengan lampu yang berbeda di masa depan.

Konica Minolta Sensing memiliki katalog lengkap tentang pengukuran cahaya, seperti CL-500A Illuminance Spectrophotometer dan CL-70F CRI Illuminance Meter. Perangkat serbaguna ini dapat mengukur semua jenis cahaya, baik untuk cahaya LED maupun neon.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai alat analisa cahaya dan warna, silakan hubungi PT. Almega Sejahtera melalui email: marketing@almega.co.id