Bagaimana Cara Mengevaluasi Kualitas Lapisan dengan Menggunakan Indeks Distinctness of Image (DOI)?

ap-doi-index-blog-200x128Suatu hasil lapisan akhir yang sangat mengkilap dan halus merupakan hal yang dicari oleh pelanggan dalam produk yang berkualitas tinggi dan satu halangan untuk mencapai hasil lapisan tersebut adalah efek orange peel.

Orange peel disebabkan oleh formulasi yang salah atau pelapisan yang buruk dan gambar terpantul yang terlihat pada suatu lapisan tersebut akan terdistorsi/mengalami penyimpangan. Orange peel mengurangi kualitas penampilan suatu produk dan untuk mengurangi jumlah adanya efek orange peel tersebut di lapisan yang sangat mengkilap, evaluasi yang ketat diperlukan.

Secara tradisional, orange peel dievaluasi secara visual menggunakan panel-panel dengan berbagai tingkat orange peel. Metode ini membuang banyak waktu dan juga subyektif terhadap pendapat setiap individu. Untuk mencapai evaluasi lapisan berkualitas yang obyektif, penggunaan alat seperti Rhopoint IQ dan IQ Flex dengan parameter pengukuran seperti Distinctness of Image (DOI).

DOI adalah sebuah parameter pengukuran yang dikembangkan untuk mengekspresikan orange peel secara numerik. Indeks ini mengukur kejelasan gambar terpantul yang diproduksi pada suatu permukaan lapisan yang sangat mengkilap dengan mengukur cara dimana cahaya tersebut terpantul di sekitar sudut spekular. Permukaan yang telah terlapisi dan gambar terpantulnya akan menjadi lebih halus dan lebih jelas ketika nilai DOI meningkat.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai penampilan pengukuran, silahkan hubungi PT. Almega Sejahtera melalui email: marketing@almega.co.id