Mengukur Warna Putihnya Cucian/Kain

ap-laundry-whiteness-blog-1-200x100Dalam industri laundry (pencucian) atau perhotelan komersial, penyortiran linen seperti handuk-handuk dan seprai berdasarkan tingkat noda mereka merupakan prosedur yang penting. Karena tidak semua noda dapat dihilangkan dengan zat kimia biasa, pengelompokkan linen menjadi tingkat noda berat, sedang, dan ringan akan membantu mengoptimalkan jumlah bahan kimia yang digunakan, serta mencegah pencucian ulang yang tidak diperlukan.

Linen-linen dikategorikan ke dalam tingkat noda yang berbeda berdasarkan seberapa putihnya mereka. Umumnya, untuk mengevaluasi tingkat warna putih suatu cucian dilakukan secara visual. Tetapi, untuk menghasilkan penilaian visual yang konsisten dari tingkatan warna putih tersebut adalah hal yang sulit, sebab, faktor-faktor seperti warna di sekitar, kondisi pencahayaan, dan mata yang lelah dapat mempengaruhi warna yang terlihat oleh mata kita.

Untuk mengevaluasi tingkat putih sebuah linen secara obyektif, diperlukan alat ukur warna seperti Konica Minolta CR-20 color reader. Karena model ini cocok untuk digunakan langsung di tempat, color reader CR-20 mampu mengukur indeks putih dan populer di banyak tempat laundry untuk melakukan evaluasi yang cepat, mudah, dan obyektif.

Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana mengontrol seberapa putihnya produk Anda ataupun bidang lainnya, silahkan hubungi PT. Almega Sejahtera melalui email marketing@almega.co.id

Silakan baca artikel “Pengujian Warna Putih Linen pada Laundry Komersial” DISINI