Apa itu Tekstur “Orange Peel” pada Lapisan Cat?

orange peel kulit jerukTekstur “Orange Peel” atau kulit jeruk adalah tekstur yang kasar dan bergelombang, yang menyerupai tekstur kulit dari buah jeruk. Tekstur ini merubah arah pantulan cahaya pada objek dan menyebabkan bayangan di pantulan menjadi kabur. Pada aplikasi pelapisan cat yang berkualitas tinggi seperti di automotif, tesktur kulit jeruk sangat dihindari karena dapat merusak penampilan.

Kemungkinan penyebab dari tekstur kulit jeruk:

  • Teknik pengaturan dan penggunaan spray gun yang salahorange peel kulit jeruk
  • Penyemprotan yang berlebihan
  • Penentuan interval waktu yang salah untuk penyemprotan setiap layer
  • Waktu dan suhu pengeringan yang tidak tepat
  • Distribusi dan ukuran partikel cat yang tidak seragam.

Mengevaluasi teksture kulit jeruk tergolong sulit meskipun efek visualnya dapat dilihat secara kasat mata. Sangat tidak memungkinkan untuk dapat mengukur tekstur kulit jeruk secara objektif dengan mata. Untuk dapat mengukur secara akurat dan konsisten, Konica Minolta memiliki alat Rhopoint IQ dan IQ Flex. Kedua instrumen ini mempunyai parameter pengukuran, seperti Distinctness of Image (DOI) dan Reflected Image Quality (RIQ) yang dapat mengukur dan mengevaluasi teksture “Orange Peel” atau kulit jeruk secara objektif.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pengukuran lapisan cat, warna atau cahaya, silakan hubungi PT. Almega Sejahtera melalui email marketing@almega.co.id.