Dapatkah Smartphone Anda Menyebabkan Insomnia?

“Apakah anda kesulitan untuk tidur nyenyak? Jika Anda tidak mau menghabiskan malam Anda menghitung domba, Anda dapat berpikir dua kali untuk memeriksa smartphone Anda sebelum tidur. Dengan meningkatnya alat-alat digital yang mudah dibawa, terdapat juga penambahan jumlah pasien pengidap susah tidur. Riset menunjukkan bahwa eksposur cahaya dari tablet/telepon dapat menjadi penyebab meningkatnya gangguan tidur.”

“Alasan dari masalah ini karena alat-alat seperti laptop, smartphone dan tablet dapat memancarkan cahaya sekitar 50 lux, yang cukup untuk menunda ritme dari jam tubuh Anda. Selain itu, cahaya tersebut juga dapat menurunkan produksi dari melatonin, hormon utama yang mengendalikan waktu bangun dan tidur Anda.

Sewaktu Anda menatap layar laptop atau telepon Anda, alat itu memancarkan cahara biru yang bergelombang pendek ke mata Anda. Proses ini menstimulasi otak Anda, memberi tahu otak untuk tetap terbangun dan mengeluarkan sinyal bertolak belakang, yang melambatkan produksi melatonin. Efek samping biologis dari proses ini adalah kesulitan untuk tertidur. Menaruh elektronik di luar kamar tidur akan menimbulkan perasaan bahwa kamar Anda adalah tempat untuk beristirahat dan tidur, bukan untuk belajar, bekerja atau bersosialisasi.

bagaimana-mengukur-cahaya-warna-ca-310

Riset juga menunjukkan bahwa ini dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan lebih dalam (nyenyak), yang

mampu meningkatkan kesehatan. ”

“Jadi jika Anda ingin memeriksa email, mengirim pesan, bermain atau menonton acara televisi, lakukan itu sejam atau dua jam sebelum waktu tidur. Ini akan mengurangi efek yang mengurangi produksi melatonin dan tubuh Anda akan lebih menikmati kualitas tidur yang lebih baik.”

 

Untuk info lebih lanjut tentang alat ukur warna dan cahaya, silakan hubungi PT. Almega Sejahtera di email kami: marketing@almega.co.id