Praktek Terbaik: Formulasi Warna Untuk Menyesuaikan Warna Standar Sehingga Lebih Efisien

Ketika merumuskan warna dye, tinta, cat, plastik, atau bahan lainnya, prosedur dan kondisi standar yang diperlukan untuk mencocokkan standar warna melalui proses yang lebih efisien. Ini melibatkan identifikasi variabel dalam laboratorium atau proses produksi, membangun lingkungan yang tertruktur, dan kondisi dan metode untuk memastikan hasil formulasi menjaga akurasi dan konsistensi mendefinisikan. Selain itu,  instrumentasi pengukuran warna dan perangkat lunak formulasi canggih yang diperlukan untuk mendapatkan warna yang benar pertama kalinya atau dengan meminimalkan membuang waktu.

Sebelum proses perumusan warna, kondisi evaluasi pengukuran warna berikut dan visual yang harus ditentukan:

Instrument model, type, and geometry

  • Standard illuminants
  • Standard observer
  • Viewing angle
  • Color space
  • Color difference formula
  • Color tolerance values
  • Sample preparation and presentation methods
  • Light sources for visual evaluations

Setelah kondisi didefinisikan, proses formulasi warna standar dapat dilanjutkan. Di bawah ini adalah formulasi warna praktik umum terbaik untuk mencocokkan warna standar dengan meminimalkan membuang waktu.

Warna Pengukuran dan Evaluasi Praktek Terbaik untuk menyesuaikan Standar Warnacm512m3a_a01

Idealnya, resep warna yang sama yang digunakan untuk membuat standar harus digunakan ketika merumuskan warna produk. Ini, bagaimanapun, sering tidak mungkin. Sebuah proses perumusan warna harus didefinisikan untuk membuat resep yang cocok dengan standar yang pertama kali atau dengan tidak membuang waktu.

Setelah kondisi didefinisikan, proses formulasi warna standar dapat dilanjutkan. Di bawah ini adalah formulasi warna praktik umum terbaik untuk mencocokkan standar dengan limbah minimal dan waktu.

Warna Pengukuran dan Evaluasi Praktek Terbaik untuk Sesuai Standar Warna

Idealnya, resep warna yang sama yang digunakan untuk membuat standar harus digunakan ketika merumuskan warna produk. Ini, bagaimanapun, sering tidak mungkin. Sebuah proses perumusan warna harus didefinisikan untuk membuat resep yang cocok dengan standar yang pertama kali di buat tanpa harus membuang waktu.

Sebuah warna standar pertama-tama harus didefinisikan secara internal atau antara pemasok dan pelanggan. Menggunakan hasil warna pengukuran instrumentasi khusus untuk kebutuhan aplikasi Anda, mengukur warna yang Anda inginkan dan mencocokkan untuk produk jadi dan menyimpan nilai warnanya.

  • Upload nilai warna standar untuk perangkat lunak formulasi warna, seperti perangkat lunak Colibri, untuk menghitung resep yang paling cocok dengan standar
  • Dari resep dihitung dalam perangkat lunak, membuat batch kecil dari warna ini. Setelah mempersiapkan dan, jika diperlukan, pendingin sampel dalam proses standar, mengukurnya menggunakan spektrofotometer untuk membandingkan nilai warna dan kurva pantulan dengan standar
  • Secara visual membandingkan sampel terhadap standar dalam lingkungan yang terkendali dari pengaruh cahaya untuk melihat apakah ada inkonsistensi terlihat. Sampel harus dibandingkan dengan setidaknya tiga sumber cahaya yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang paling akurat dan mengidentifikasi metamerism
  • Simpan resep yang ideal dalam perangkat seperti software atau Instrument warna untuk mengingat dan mereproduksi dalam batch untuk masa depan

Harap dicatat, perangkat lunak formulasi warna mungkin menghitung beberapa resep berdasarkan parameter yang telah ditetapkan, seperti “pencocokan warna terbaik” atau “biaya yang terbaik,” yang sangat cocok dengan warna standar. Hal ini sangat penting untuk mengidentifikasi resep yang paling cocok dengan warna standar di bawah illuminants didefinisikan dan sumber cahaya melalui tes visual dan instrumental (misalnya, setidaknya sifat metameric). Pewarna bahwa pengguna merasa bekerja terbaik bersama-sama berdasarkan sejarah masa lalu harus dipertimbangkan juga.

 Kondisi dan prosedur untuk formulasi warna distandarkan

Selain mendirikan pengukuran warna dan evaluasi prosedur standar, kondisi formulasi standar juga diperlukan untuk menjaga konsistensi dan meningkatkan efisiensi seluruh proses pencocokan warna. Ini termasuk pemeliharaan peralatan dan kondisi mendefinisikan yang dapat berdampak hasil formulasi.

Menjaga peralatan formulasi untuk memastikan itu adalah dalam rangka kerja yang tepat.

Memantau ketelitian material masuk atau pigmen untuk memastikan konsistensi dapat di pertahankan.

Menetapkan metode weighing untuk substrat, pewarna, pigmen, atau pembantu berdasarkan berat benda yang akan  menjadi warna standar.

  • Kalibrasi rutin untuk timbangandan instrumentasi pengukuran warna pada waktu yang dijadwalkan untuk menjaga akurasi dan kinerja optimal
  • Menjaga booth cahaya yang digunakan selama evaluasi visual dengan mengganti lampu seperti yang direkomendasikan oleh pemasok lampu.
  • Atur suhu ruangan tetap sehingga tidak menimbulkan penyimpangan dalam warna sampel Anda
  • Standarisasi prosedur dari awal sampai akhir, termasuk penciptaan sampel untuk pengukuran, pencampuran sampel, flash saat setelah campuran, suhu oven untuk pengeringan, dan waktu pengeringan, sehingga tidak mempengaruhi warna akhir

Dengan standarisasi proses perumusan warna dan membangun lingkungan yang terkendali, pengguna dapat melakukan lebih efektif dan sesuai standar warna dengan meminimalkan waktu yang terbuang.

Pemimpin teknologi dalam warna dan solusi pengukuran cahaya, Konica Minolta Sensing membantu organisasi merumuskan, mengevaluasi, dan warna kontrol untuk memenuhi kualitas produk dan tujuan operasional yang lebih efisien.

Baca selanjutnya Mengapa Kita Mengukur Warna dan Cahaya?

Untuk info lebih lanjut tentang alat ukur warna dan cahaya, silakan hubungi PT. Almega Sejahtera di email kami: marketing@almega.co.id