Pentingnya Kalibrasi untuk Instrumen Pengukuran Warna

Service Pentingnya Kalibrasi untuk Instrumen Pengukuran WarnaSama seperti pada mesin dan peralatan lainnya, instrumen pengukuran warna memerlukan perawatan untuk memastikan instrumen tersebut bekerja dengan baik dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Kalibrasi membantu kita menentukan dasar pengukuran dari instrumen dan memastikan dasar-dasar ini tetap dirawat seiring berjalannya waktu. Di Konica Minolta, kami melakukan kalibrasi terhadap instrumen setiap hari dan setiap tahun. Ini adalah satu-satunya cara untuk menjaga hasil pengukuran yang handal dan konsisten.

Prosedur untuk melakukan kalibrasi harian dimulai dengan mengambil dua pengukuran. Pengukuran pertama, yang sering disebut dengan kalibrasi titik nol (zero calibration), dilakukan dengan menggunakan aksesoris khusus yang terpasang pada instrumen yang menyerap semua cahaya. Aksesoris khusus inilah yang dikenal dengan sebutan zero calibration box.

Pengukuran yang kedua dilakukan dengan menggunakan potongan keramik yang sudah terstandar dengan nilai yang tertelusur. Pengukuran standar keramik putih ini harus dilakukan dengan standar yang telah ditentukan untuk instrumen yang digunakan. Setiap standar memiliki nomor seri yang dapat dengan mudah dipasangkan dengan instrumen yang tepat. Prosedur ini dikenal juga dengan nama white calibration. Pembacaan dari kedua tahapan pengukuran ini digunakan untuk menetapkan instrumen pada keadaan yang telah terkalibrasi.

Kalibrasi harian dan tahunan adalah suatu proses yang penting untuk menjaga agar colorimeter, spektrofotometer dan instrumen pengukur warna lainnya dapat bekerja dengan baik. Kedua tahapan proses kalibrasi diatas harus dilakukan secara berkala dan hasil kalibrasinya harus selalu yang terbaru untuk memastikan daya kerja tertinggi dari instrumen tersebut. Kalibrasi harian dilakukan oleh pengguna di tempat kerja mereka dan harus dilakukan setiap 8 jam atau pada tiap giliran kerja.

Ada beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi daya kerja dan akurasi instrumen pengukur warna, yang membuat kalibrasi menjadi penting untuk dilakukan. Kotoran dan debu dapat mengurangi daya kerja instrumen menjadi tidak optimal. Noda dan guratan pada potongan keramik putih yang digunakan untuk white calibration juga dapat mengakibatkan instrumen memberikan hasil pengukuran yang tidak akurat.

Lingkup kalibrasi tahunan adalah sebagai berikut:

  • Perawatan rutin instrumen
  • Penyesuaian dan pembersihan sensor optik
  • Sertifikasi ulang standar kalibrasi

Penyesuaian untuk mengembalikan instrumen sesuai dengan spesifikasi pabrik
Untuk menguji akurasi instrumen, kami menggunakan 14 warna standar yang sudah tersertifikasi oleh Konica Minolta dan memenuhi standar internasional. Begitu kami mengetahui bagaimana tingkat daya kerja instrumen, kalibrasi dilakukan untuk mengembalikan daya kerja instrumen supaya baik seperti semula sesuai dengan standar pabrik.

Kami merekomendasikan kalibrasi tahunan untuk setiap instrumen pengukuran warna. Teknisi kami yang melakukan layanan ini dipastikan ahli di bidang kalibrasi instrumen dan bidang perbaikan dan perawatan lainnya yang dibutuhkan.

Untuk melihat video proses kalibrasi dengan menggunakan CM-3600A spectrophotometer, silakan klik disini.

Untuk info lebih lanjut tentang alat ukur warna dan cahaya, silakan hubungi PT. Almega Sejahtera di email kami: marketing@almega.co.id