Apakah Cahaya dari Papan Iklan Digital Terlalu Terang?

Dengan maraknya penempatan papan iklan diluar ruangan dewasa ini, sering ada kebutuhan untuk membuat papan iklan lebih terang untuk mengambil perhatian pembaca saat sedang berkendara. Namun, ada batasan antara menarik perhatian atau mengganggu pengendara. Batasan ini tidak seharusnya dilanggar sebab berpotensial untuk membahayakan pengemudi. Pada kasus-kasus semacam ini, akan sangat membantu apabila instrumen penguji cahaya dan iluminasi digunakan untuk memastikan papan iklan digital tersebut tidak terlalu terang, namun tetap efektif dalam menyampaikan informasi yang ingin diberikan ke konsumen potensial oleh papan iklan tersebut.

Papan iklan diluar ruangan merupakan bisnis yang sangat kompetitif. Papan iklan diluar ruangan juga harus bersaing tempat dengan rambu-rambu jalanan dan papan iklan lainnya. Untuk pendapatkan perhatian dari pengendara dan orang-orang yang lewat di jalanan, banyak produsen produk barang dan jasa yangmulai mengganti papan iklan mereka dengan layar digital yang berteknologi tinggi, yang tidak hanya bisa menampilkan gambar-gambar yang terang dan menarik, namun juga bisa merotasi posisi iklan tersebut, sehingga satu papan iklan digital bisa digunakan oleh beberapa klien sekaligus.

cs2000-cahaya-warna-suhu-spectrum

Penggunaan layar digital ini juga menimbulkan bahaya yang mungkin tidak diperhatikan oleh pemasang iklan, yaitu kemungkinan besar papan iklan layar digital ini menarik perhatian pengendara dan calon konsumen lainnya terlalu lama, sehingga tidak memperhatikan lalu lintas dihadapannya.

Papan iklan digital diluar ruangan harus diberikan pencahayaan yang cukup untuk mencapai dua tujuan utama, yaitu: pertama, harus menarik perhatian pengendara dari jarak tertentu, sehingga memblokir kompetisi yang timbul dari iklan lainnya, dan kedua, harus cukup terang untuk memudahkan iklan untuk dilihat. Kedua tujuan ini sebenarnya bertolak belakang dengan keamanan, sebab seperti salah satu studi yang dilakukan oleh peneliti Swedia, apapun yang mengalihkan perhatian pengendara dari jalanan selama lebih dari dua detik akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Selain itu, ada juga risiko bahwa papan iklan ini mengganggu penglihatan pengendara, terutama di malam hari. Oleh karena itu, untuk memastikan para produsen barang dan jasa mencapai target konsumen sekaligus tetap tidak mengganggu penglihatan pengendara, digunakanlah instrumen pengukur cahaya. Ada beberapa cara untuk mengaplikasikan teknologi pengukuran cahaya pada papan iklan digital diluar ruangan dan ada dua kasus yang penting dari kondisi cahaya di siang dan malam hari.

Gunakan instrumen pengukur cahaya untuk mengkalibrasi papan iklan digital untuk memastikan tingkat pencahayaan yang optimal pada siang hari. Mungkin hal ini terdengar umum, namun pada umumnya pencahayaan papan iklan digital sangatlah buruk dibawah sinar matahari langsung, sehingga menjadi penting untuk menggunakan instrumen penguji cahaya saat fase percobaan di lapangan agar iklan tetap terlihat walaupun dibawah sinar matahari langsung. Saat tingkat pencahayaan menurun pada sore menjelang malam hari, mungkin setting yang digunakan di siang hari malah justru menjadi terlalu terang di malam hari, yang bisa membahayakan bagi pengendara. Situasi ini juga menyebabkan pemborosan listrik dan menyebabkan cepatnya terjadi kerusakan akibat meningkatnya panas pada papan iklan digital.

Gunakan instrumen pengukur cahaya untuk mengkalibrasi layar display di malam hari.

Untuk info lebih lanjut tentang alat ukur warna dan cahaya, silakan hubungi PT. Almega Sejahtera di email kami: marketing@almega.co.id